Langsung ke konten utama

MENGAPA AIR TIDAK BISA BERCAMPUR DENGAN MINYAK ?

Dulu ketika saya kecil dan belum ada program listrik masuk desa, maka ketika malam hari penerangan tergantung pada lampu minyak. Pernah pada satu malam kehabisan minyak, sedangkan sumbu lampu minyak tidak cukup panjang untuk mencapai dasar tempat minyak. Lalu ibu menuangkan sedikit air ke dalam tempat minyak dan selamatlah dari gelap.

Saya sempat bertanya mengapa begitu ? Karena minyak dan air tidak bisa bercampur, dan minyak selalu di atas.

Sifat minyak yang tidak mau bercampur kadang digunakan sebagai perumpamaan bagi mereka yang dalam berteman tidak bisa saling mengerti. Saat minyak ditumpahkan ke dalam air, minyak dan air tidak tetap terpisah, dimana air mengambil posisi di bawah. Mengapa demikian ?

Air dan minyak memiliki massa jenis yang berbeda. Massa jenis pada zat cair atau zat padat dapat memberitahu kita jenis suatu zat, yang memiliki massa dan volume yang tetap. Massa jenis air lebih besar daripada minyak, sehingga air akan tenggelam ketika dituangkan ke dalam minyak, sedangkan minyak yang memiliki massa jenis lebih kecil akan terapung di atas air.

Pernahkah kalian memperhatikan ibu yang sedang memasak di dapur? Saat ibu sedang menggoreng makanan kadang tanpa sengaja kemasukan sedikit air. Apa yang terjadi? Kamu akan mendengar bunyi "pletak-pletok". Apakah ini terjadi karena perbedaan massa jenis kedua zat tersebut? Ternyata bukan. Hal itu terjadi karena perbedaan titik didih minyak dan air. Titik didih air adalah 100 derajad Celcius. Sedangkan titik didih minyak adalah 150 derajad Celcius. Jika air masuk ke dalam minyak yang mendidih dalam sekejap air akan berubah menjadi gas. Air yang berubah menjadi gas ini volumenya membesar dan terdengarlah bunyi "pletak-pletok" tersebut.

Nah, sekarang kamu tahu, mengapa air tidak bisa bercampur dengan minyak ?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Buku Pegangan Penilaian HOTS

PERBEDAAN LEGENDA, SAGE, MITE, FABEL DAN DONGENG

PERBEDAAN LEGENDA, SAGE, MITE, FABEL DAN DONGENG Nurhayati Mualif   21 hrs ago     0 Comments  Facebook    Twitter       LEGENDA Legenda adalah cerita rakyat yang dianggap benar-benar terjadi yang ceritanya dihubungkan dengan tokoh sejarah, telah dibumbui dengan keajaiban, kesaktian, dan keistimewaan tokohnya. Bila melihat dari Definisi Dan Pengertian Legenda maka Legenda dapat di bagi menjadi empat kelompok. SAGE Sage adalah cerita lama yang berhubungan dengan sejarah, yang menceritakan keberanian, kepahlawanan, kesaktian dan keajaiban seseorang. Beberapa contoh sage, adalah: Calon Arang, Ciung Wanara, Airlangga, Panji, Smaradahana, dll. MITOS (MITE) Mitos adalah cerita prosa rakyat yang ditokohi para dewa atau makhluk setengah dewa yang terjadi di dunia lain (kayangan) dan dianggap benar – benar terjadi oleh empunya cerita atau penganutnya. Mitos pada umumnya menceritakan tentang terjadinya alam semesta, dunia, bentuk khas binatang,

SIMPKB

  Materi   Modul PKB Jenjang   Soal Pretes Jenjang   Soal Pretes Mapel  Peserta Pretes No Peserta Pretes  Kisi-Kisi Pretes  Info UKG GPO  Download Kisi-Kisi & Soal  Daftar Isi DATA PESERTA PRETES UKG   UKG Tahun 2017 akan diawali dengan Pretes UKG, untuk mengetahui apakah anda termasuk Peserta yang akan mengikuti Pretes UKG silahkan Tuliskan Nama Lengkap Anda dengan Huruf Kapital kemudian Click Tombol Search   © 2017  Soal Pretest UKG SIMPKB 2017